Minggu, 01 April 2012

Bingung Berteman Beda Budaya? Ini Tipsnya

BAGI mahasiswa yang menempuh pendidikan lintas kota maupun negara, perkuliahan merupakan dunia baru dengan berbagai tantangan yang ada. Mulai dari cuaca yang jauh berbeda, situasi hidup yang menantang, dan tentunya perbedaan budaya.

Setiap budaya tentu saja memiliki ciri khas. Sehingga rasa toleransi yang tinggi sangat dibutuhkan agar kehidupan perkuliahan maupun sosial bisa terjalin dengan baik.

Kamu merasa kesulitan untuk mendekati teman-teman dari budaya berbeda? Berikut beberapa tips yang dapat membantumu untuk mendekati teman yang berasal dari kebudayaan yang terasa sangat asing. Demikian seperti dikutip dari
Collegecures, Minggu (1/4/2012).

Belajar berkomunikasi
Belajar bagaimana dapat berkomunikasi dengan orang yang berbeda kebudayaan dengan kita adalah hal vital. Ini dapat membantu kamu mengerti nilai dan perilaku mereka. Berhati-hatilah dalam melemparkan lelucon, apa yang patut menjadi bahan candaan dan yang tidak. Jangan sampai niat untuk mencairkan suasana justru membuat orang tersebut sakit hati.

Terima mereka sebagai orang, bukan stereotipe

Moralitas dapat mengajarkan kita bagaimana untuk berteman dengan orang berdasarkan kepribadian mereka dan bukan pada stereotipe budaya mereka. Belum tentu sterotipe yang tertanam pada suatu budaya juga mengakar pada pribadi mereka.

Tingkatkan empati
Tunjukkan pada mereka jika kamu mampu memahami apa yang mereka rasakan dan bagaimana mereka melihat hal-hal tertentu. Bayangkan kamu adalah seorang penerjemah dan mencoba untuk membantu orang lain memahami hal yang mereka tidak mengerti.

Minimalisasi semua asumsi
Gestur tubuh atau mimik muka mereka terkadang menimbulkan berbagai asumsi di benakmu. Tapi, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Bisa saja, dia bersikap tidak ramah karena merasa kurang nyaman berada di sekitar orang-orang baru.

Ingat, kita semua berasal dari budaya yang berbeda. Jika kita bersedia untuk memperluas diri kita sendiri, maka dalam jangka panjang, kita dapat bermanfaat satu sama lain.

sumber : http://kampus.okezone.com/read/2012/03/31/373/603373/bingung-berteman-beda-budaya-ini-tipsnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar