Selasa, 03 April 2012

Ask and Answer


1. Bagaimana perkembangan computer dengan sistem go green?
2. Apa solusinya?
3. Hardware yang tidak pernah berubah?

Answer :
1. Saat ini kita pasti merasakan pemanasan global yang makin meningkat dalam kehidupan kita. Maka dari itu banyak perusahaan memasarkan produknya yang ramah lingkungan alias GO GREEN . Contohnya, perusahaan Hawlett Packard yang menciptakan PC berbasiskan processor AMD Cool in Quite 2.0 yang bekerja dengan efektif dan efisien sehingga mengurangi daya yang terpakai. Kemudian ada lagi produk ACER yang menggunakan powersmart key yang menghemat listrik hingga 40% dimana Adaptive Changing Mode yang menghentikan konsumsi listrik jika sudah terisi penuh. Ini bertujuan agar perangkat IT tidak begitu besar menyumbangkan panas terhadap bumi dan juga untuk menciptakan suatu inovasi teknologi GO GREEN agar kita semua dapat menghemat energi yang semakin lama semakin berkurang.
2. Solusi : Pemakaian sumber daya dengan bijak, Penggunaan hardware yang low power, Pemanfaatan sistem daur ulang, Penggunaan sistem mobilitas, Penerapan sitem upgrade, Pemanfaatan teknologi virtualisasi, Penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan, Penghematan daya listrik, Menerapkan software engineering dengan benar.
3. Hardware yang tidak pernah berubah : monitor, keyboard, mouse, powes supply, cd rom, dvd rom, floppy disk, PSU, LAN Card, kabel power, kabel VGA.
1. Kendala yang ditemui pada saat mengumpulkan data?

2. Informasi apa yang didapat mengenai perkembangan tekhnologi informasi hardware dan software yang ada di kampus dan dunia warnet?

Answer :
1. Kendala yang ditemui : kurangnya waktu, kurangnya informasi. Terkadang ada yang tidak mau memberikan informasi dan ada juga yang mempersulit. Kalau warnet, terkadang ada yang tidak mau menjawab pertanyaan dari kita. Sedangkan bandwith, banyak yang sudah tidak aktif kuliah, sulit mencari di kampus, banyak yang tidak membawa KTM, dan juga ada yang tidak mau ditanyain.
2. Informasi perkembangan hardware dan software :
Hardware : Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Software : Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer di gunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemproses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika. Dari operasi dasar ini di susun program atau perangkat lunak. Tingkat pemprosesan yang dikerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom. Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar