Selasa, 30 Oktober 2012

Akhir Mina, 176 Jamaah Indonesia Wafat

MAKKAH - Rangkaian pelaksanaan rukun dan wajib haji sebagian besar telah selesai  dilakukan oleh jamaah haji Indonesia. Dimulai dari wukuf di Padang Arafah, melempar jumroh di Mina serta tawaf ifadah dan sai di Masjidil Haram.

Hingga hari terakhir pelaksanaan haji di Mina-Jamarot atau hari tasrik ketiga kemarin, jumlah jamaah haji Indonesia meninggal mencapai 176 jamaah. Dari angka 176, jamaah yang meninggal di Arafah 6 orang, sedangkan di BPHI Mina mencapai 19 jamaah.

Sementara itu, Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mina telah melimpahkan ratusan jamaah haji Indonesia yang masih dirawat ke Makkah untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kepala Seksi Kesehatan Mina Tjetjep Ali Akbar mengatakan, sejauh ini ada 137 pasien yang telah dilimpahkan ke BPHI Makkah. "Semua Jamaah sakit telah dilimpahkan, setelah prosesi melempar jumroh di Mina berakhir kemarin sore," jelasnya.

Tjetjep menambahkan, jamaah yang dirujuk ke rumah sakit Arab Saudi sebanyak 21 jamaah. Sejauh ini, mereka yang dirawat sebagian adalah usia lanjut dan jamaah yang memiliki penyakit risiko tinggi seperti hipertensi, diabetes dan jantung, serta gagal ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar