Rabu, 30 November 2011

Pengertian SIMPEG

Pengertian SIMPEG
Yang dimaksud dengan SIM adalah segala sesuatu yang menyangkut perencanaan, pengembangan, pengelolaan dan penggunaan alat bantu  teknologi informasi untuk membantu manusia dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan dan pengelolaan informasi.
Komponen dari SIM sendiri adalah:
1. Manajemen
Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuna ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien.
2. Teknologi Informasi (hardware dan software)
Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, lebih lama penyimpanannya.
    • Informasi
    • Sumber Daya Manusia (brainware)
Sedangkan SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Pegawai) didefinisikan sebagai Sistem Informasi terpadu, yang meliputi pendataan pegawai, pengolahan data, prosedur, tata kerja, sumber daya manusia dan teknologi informasi untuk menghasilkan informasi yang cepat, lengkap dan akurat dalam rangka mendukung administrasi kepegawaian.
Lingkup Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
    1. Sistem informasi dan aplikasi
    2. Sarana komputer dan penunjang
    3. Sarana komunikasi
    4. Organisasi dan Sumber Daya Manusia pelaksana
    5. Pembiayaan
    6. Dukungan Manajemen

Tujuan dan Manfaat
Tujuan SIMPEG di Lingkup Pemerintahan
    1. Untuk mendukung Sistem Manajemen PNS yang rasional dan pengembangan SDM di Aparatur Pemerintah.
    2. Mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
    3. Menyediakan Informasi PNS yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian PNS
    4. Membantu Kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan
Manfaat SIMPEG
    • Pelacakan informasi data seseorang pegawai akan mudah dan cepat.
    • Pembuatan Laporan dapat mudah dikerjakan.
    • Mengetahui Pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala
    • Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian
    • Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai (Profil Kepegawaian) yang cepat dan akurat
    • Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya
    • Merencanakan Kebutuhan Pegawai (Neraca Kebutuhan Pegawai)
Keuntungan SIMPEG Online (Berbasis Intranet/ Internet)
    • Dapat memelihara satu data besar secara bersama-sama
    • Kesalahan / data yang kurang valid dapat dimonitor dan dikoreksi bersama
    • Dapat melakukan pertukaran data dan file
    • Berbagi sumber daya misalnya pemakaian satu printer untuk beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan komputer
    • Mempermudah komunikasi dalam suatu lingkungan kerja, misalnya dengan adanya program E-mail atau Chatting
    • Apabila salah satu unit komputer terhubung ke internet melalui modem atau LAN, maka semua atau sebagian unit komputer dalam jaringan dapat mengakses dengan metode sharing connection.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar